• PRODUKSI MASSAL


Produksi massal, juga dikenal sebagai aliran produksi atau produksi terus-menerus, adalah sistem produksi dalam jumlah besar dari produk yang standar, termasuk dan terutama pada lini perakitan. Bersama-sama dengan pekerjaan produksi dan produksi batch, itu adalah salah satu dari tiga metode produksi.

Produksi massal adalah bidang yang beragam, tetapi umumnya dapat dibandingkan dengan produksi kerajinan atau didistribusikan manufaktur. Beberapa teknik produksi massal, seperti standar ukuran dan lini produksi, mendahului masa Revolusi Industri berabad-abad lamanya; namun, pengenalan mesin alat-alat dan teknik-teknik untuk menghasilkan bagian-dipertukarkanlah yang dikembangkan di pertengahan abad ke-19 modern produksi massal bisa terlaksana dengan benar.


  • IPLEMENTASI PRODUKSI MASSAL

Kebutuhan Sistem 

Implementasi aplikasi adalah tahap penerapan hasil analisis dan 

perancangan aplikasi yang akan dibuat agar dapat berjalan sesuai dengan yang 

diharapkan, yaitu dapat melakukan proses penjadwalan produksi dan 

menghasilkan laporan Jadwal Pengerjaan Pesanan dan laporan Jadwal 

Penggunaan Mesin yang berguna bagi bagian produksi. 

Aplikasi penjadwalan produksi merupakan media yang berguna untuk 

mengoptimasi penjadwalan produksi yang ada pada PT Remaja Perdana 

Engineering. Sebelum mengimplementasikan dan menjalankan aplikasi 

penjadwalan produksi, terlebih dahulu diperlukan komponen-komponen utama komputer yang mendukung 

setiap proses. Komponen-komponen tersebut adalah hardware(perangkat keras) dan software(perangkat lunak) serta Multimedia.





  • PERANGKAT KERAS

Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengann kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.

Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.


  • JENIS – JENIS HARDWARE BERDASARKAN FUNGSINYA

1. Perangkat Masukan (Input Device)

2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

5. Perangkat Tambahan (Periferal)


  • PERANGKAT LUNAK

Pengertian software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Ada juga yang menyebutkan pengertian software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, tidak berbentuk fisik tapi dapat dioperasikan oleh penggunanya melalui perangkat komputer.




  • FUNGSI SOFTWARE SECARA UMUM

    • Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung pada komputer.

    • Mengatur setiap hardware yang ada pada komputer sehingga dapat bekerja secara spesifik dan berurutan.

    • Menjadi penghubung antara beberapa perangkat lunak lainnya dengan hardware yang ada pada komputer.

    • Perangkat lunak juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.

    • Software juga dapat mengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.


  • SOFTWARE BERDASARKAN JENISNYA

    • Operating System (sistem operasi), yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh operating sistem adalah; Windows, Linux, UNIX, DOS.

    • Programming Language (Bahasa Pemrograman), yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer (computer application program). Beberapa contoh Bahasa Pemrograman adalah; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.

    • Application Program (Program Aplikasi), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya software untuk presentasi, software akuntansi, dan lain sebagainya. Beberapa contoh Program Aplikasi adalah; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org, dan lainnya.



  • SOFTWARE BERDASARKAN DISTRIBUSINYA

    • Freeware, yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Biasanya perangkat lunak jenis ini memiliki fitur yang kurang lengkap dan tidak maksimal.

    • Adware, yaitu software yang bisa didapatkan dan digunakan secara gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul di komputer user.

    • Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai segala aktivitas pengguna komputer. Biasanya software jenis ini banyak disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.

    • OpenSource, yaitu software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, dan disebarluaskan. Biasanya software jesni ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan lisensi GPL (General Public License).

    • Shareware, yaitu piranti lunak untuk keperluan tertentu yang dibagikan secara gratis, biasanya sebagai demonstrasi dengan fitur terbatas dan penggunaannya untuk waktu terbatas (misalnya 30 hari).


  • MULTIMEDIA

SIKLUS PROSES PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA

  • Preproduction 

  • Production

  • Postproduction

Digitalisasi 

Pada proses digitalisasi ini merubah bentuk analog menjadi digital seperti 

  1. Image

  2. Audio

Editing

Authoring





  • PROSES AUTHORING

Untuk proses Authoring digunakan untuk menciptakan sebuah presentasi Multimedia Digital telah berevolusi yang berarti dari proses yang digunakan dalam system media massa selain Authoring kemudian Authoring multimedia jauh lebih kompleks dari media Authoring tradisional Animasi

Animasi dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan baik dalam produksi massal. Animasi ini merancu pada teknik dimana setiap frame dibuat secara terpisah.

 

Animasi berbasis computer

Meliputi :

  1. Input Process

  2. Composition Stage 

  3. Inbetween Process

  4. Pengubahan Warna





  • GAMBAR – GAMBAR PROSES PERANGKAT LUNAK 

Dalam pembuatan aplikasi :













Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGAKUAN IMAN RASULI dalam Bahasa Karo dan Bahasa Indonesia.

SEPULUH PEDAH DIBATA ras AYAT PEMASU-MASUN

Jenis Kabel di Terminal Pelanggan.......