IP PBX (Private Branch EXchange)
Pengertian IP PBX
IP PBX adalah Private Branch Exchange (PBX) yang memanfaatkan Internet Protocol, dalam membentuk komunikasi telepon. IP PBX dibangun sebagai konsep jaringan komunikasi generasi masa depan, sebab ia mampu memadukan antar jaringan, seperti jaringan PSTN (jaringan telepon tetap dengan memanfaatkan kabel), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan telepon berbasis paket Internet Protocol/ATM. Dengan konsep tersebut, IP PBX dapat mengendalikan hubungan telepon secara penuh. Pengendalian dilakukan, melalui perangkat-perangkat IP Telephony, yakni VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway. Karena keunggulan yang dimilikinya, perangkat ini menjadi induk dari kinerja dasar VoIP, dalam melakukan transmisi suara dan data. Kehadiran IP PBX telah memberikan kontribusi yang baik pada dunia telekomunikasi. Dengan menggunakan perangkat ini, komunikasi dapat dijalankan dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini karena, jumlah line yang digunakan IP PBX, tidak menyesuaikan dengan jumlah telepon yang terpasang, seperti yang diterapkan dalam jaringan PSTN. Oleh karena itu, pemasangan IP PBX dapat menghemat biaya pengeluaran, pembangunan, serta perawatan jaringan.Berikut topologi, untuk menggambarkan perbedaan terkait konsep jaringan PSTN dan IP PBX tersebut.
A.Topologi PSTN(Jumlah Telepon=Jumlah Line)
B.Topologi IP PBX (Jumlah Telepon>Jumlah Line)
Konsep Kerja IP PBX
Perangkat IP PBX bergerak, dengan menggunakan metode packet switching, yakni metode yang digunakan dalam memindahkan data di internet, seperti yang telah disinggung pada bab satu. Paket data yang dikirim dengan menggunakan jaringan ini, akan diubah dalam bentuk digital dan dilakukan enkripsi. Selanjutnya, paket dikembalikan dalam bentuk analog (suara), sebelum paket sampai ke tujuan. Pengubahan data dari digital ke analog maupun sebaliknya, dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus. Penyebutan pesawat telepon tersebut, untuk masing-masing vendor berbeda, misalnya Vendor Panasonic, mereka menyebutnya key telephone, atau digital phone, sedangkan Network Interface Card (NEC), menyebut perangkat ini multi line terminal, dll.
Dalam implementasinya, perangkat IP PBX membutuhkan sekumpulan nomor ekstensi yang diletakkan pada masing-masing perangkat telepon, baik softphone maupun hardphone. Tujuannya, sebagai identitas untuk melakukan hubungan komunikasi. Identitas harus dalam kondisi terdaftar, agar klien dapat melakukan panggilan ke nomor ekstensi yang lain, melalui server IP PBX. Pendaftaran tersebut dilakukan dengan memanfaatkan protokol signaling, yakni protokol yang berfungsi menghubungkan dan menjaga lalu lintas data dan suara, agar sampai ke tujuan
VoIP
Pengertian VoIP
VoIP merupakan singkatan dari Voice over Internet Protocol. VoIP adalah salah satu bagian dari perangkat IP PBX, yang digunakan sebagai jalur komunikasi. Ada banyak vendor yang mendukung keberadaan VoIP ini, yaitu Asterisk, Avaya, Cisco, Linksys, Microsoft Office, Nortel, Siemens, dll .
Dalam pengerjaan tugas akhir ini, penulis menggunakan salah satu vendor, yaitu Asterisk Digium. Vendor tersebut yang akan penulis gunakan sebagai server VoIP dalam uji coba nantinya. Penulis memilih perangkat tersebut, karena sifatnya yang open source, sehingga teknik pembangunannya dapat diketahui dari berbagai sumber.
Manfaat VoIP
Dalam bukunya yang berjudul “Membangun Telepon berbasis VoIP”, peneliti Jaringan Komputer dan Sistem Operasi Linux, menyebutkan, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan VoIP, yaitu:
a)Alokasi bandwidth menjadi lebih efisien
b)Adanya kemampuan untuk menggunakan metode kompresi suara
c)Mampu menggunakan single interface
d)Meningkatkan keandalan jaringan komputer
e)Dapat menekan biaya operasional hingga mendekati gratis (Rp 0,-), misalnya untuk SLI atau SLJJ. Manfaat yang terakhir itulah, yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat. Hanya saja untuk di Indonesia, komunikasi telepon melalui jaringan internet, masih belum 100% gratis. Hal ini dikarenakan, pemakaian internet di Indonesia masih dibebani biaya pulsa. Berbeda dengan kondisi di negara maju, dimana pemakaian internet telah gratis, sehingga pemakaian VoIP pun juga gratis.
Unsur Pembentuk VoIP
Berdasarkan buku yang ditulisnya tersebut, Winarno Sugeng menjelaskan empat unsur pembentuk VoIP, yakni:
User Agent
User agent berfungsi layaknya telepon yang kita kenal, yakni melakukan panggilan maupun menerima panggilan dari telepon lain. User agent merupakan perangkat pendukung yang melengkapi penggunaan VoIP. Ada yang berupa software dan juga hardware.
Dengan user agent, kita dapat melakukan panggilan antar komputer, komputer dengan IP Phone, maupun komputer dengan PSTN. Untuk sambungan dengan PSTN, dibutuhkan tambahan alat berupa ATA (Analog Telephone Adaptor), untuk mengubah sinyal telepon dari analog ke digital.
Ada banyak user agent yang dapat diperoleh secara gratis di internet. Tentu saja, ini hanya berlaku untuk user agent berbasis software, meskipun ada pula yang berbayar, seperti Eyebeam misalnya. Sedangkan penulis sendiri, akan menggunakan user agent Zoiper, karena gratis dan dapat diletakkan pada platform manapun.
Proxy
Proxy digunakan sebagai penghubung antara jaringan server dengan jaringan klien. Proxy inilah yang bertugas mengendalikan, maupun memonitor lalu lintas data yang melewatinya Proxy dapat berupa web proxy, FTP klien, dll. Proxy yang bersifat open source, ada bermacam-macam, yakni Asterisk, OpenSER, SER, Yate, dll. Penulis sendiri akan menggunakan proxy dari Mikrotik RouterOS, yang dikonfigurasi melalui Winbox.
Protokol
Dalam menjalankan tugasnya, VoIP membutuhkan kerja sama dari dua protokol, yaitu protokol signaling dan protokol transport. Meski berbeda fungsi, protokol tersebut saling terhubung satu sama lain. Pendapat ini dikutip dari tugas akhir, milik salah satu mahasiswi UII, Yanuarika Insanul R. F. (2012). Berikut penjabaran kedua protokol.
Protokol Signaling
Protokol signaling berfungsi menjaga dan menjamin paket data dan suara yang terkirim, benar-benar sampai ke tujuan. Protokol ini juga, yang mengatur seluruh operasi di dalam jaringan VoIP, sehingga dengan adanya protokol ini, pengguna VoIP dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
Dalam perkembangannya, protokol ini telah mengalami beberapa kali perbaikan, sehingga menghasilkan tiga jenis protokol signaling, yaitu H.323, SIP, dan IAX2. Berikut penjabaran mengenai ketiga protokol.
a) H.323
Protokol H.323 adalah protokol signaling pertama diterbitkan oleh ITU-T (International Telecommunications Union-Telecommunication). Protokol ini diciptakan sebagai standar protokol signaling dalam mengatur percakapan suara. Penggunaannya tergolong rumit. Lebih rumit daripada penggunaan SIP, sehingga jarang digunakan untuk saat ini.
Session Initial Protocol (SIP)
Meskipun tidak menyediakan layanan secara langsung, protokol ini justru menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya. Fondasi tersebut disediakan, untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, seperti protokol transport RTP yang memanfaatkan fondasi tersebut, untuk melakukan dekripsi sesi multimedia. Karena kelebihannya itulah, yang membuat protokol ini lebih sering direkomendasikan, daripada protokol sebelumnya, H.323.
Inter Asterisk Exchange (IAX)
IAX/IAX2 merupakan protokol pengembangan dari Asterisk. Protokol ini dibuat oleh seorang praktisi teknologi informasi, Mark Spencer. Diciptakan guna menyempurnakan SIP yang telah menjadi standar IETF (Internet Engineering Task Force). Pernyataan ini sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan Yanuarika. Dalam tugas akhirnya terkait studi komparasi SIP dan IAX2, ia membuktikan bahwa kinerja IAX2 memang lebih baik daripada SIP, karena jumlah port yang digunakan IAX2, lebih sedikit daripada SIP, yakni satu port (4569) untuk IAX2, dan dua port (5060 dan 5061) untuk SIP.
Protokol Transport
Protokol yang bertugas mengantar pesan, berupa suara dan data ke alamat tujuan. Contoh protokol ini adalah RTP (Real time Transport Protocol), yang digunakan protokol SIP untuk melakukan transmisi data dan suara, sedangkan IAX2, protokol transport yang digunakan, adalah dirinya sendiri dengan memanfaatkan port 4569. Dengan menggunakan port tersebut, IAX2 dapat melakukan pengiriman pesan, langsung setelah proses signaling dijalankan (Kautsar dkk, 2012). Dalam protokol inilah, data dikirim dalam bentuk potongan kecil. Kemudian potongan tersebut, dirangkai oleh UDP (User Datagram Protocol), hingga membentuk paket data, dan selanjutnya dikirim ke pengguna lain, melalui jaringan IP.
Dengan menggunakan protokol UDP, proses pengiriman data menjadi lebih cepat dilakukan. Ketika paket yang dikirim dari RTP/port 4569 mengalami drop, proses pengiriman tetap dilanjutkan dengan mengabaikan perbaikan data. Hal ini sesuai dengan standar protokol UDP, yang lebih mementingkan kecepatan pengiriman data, agar segera sampai ke tujuan, sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama (delay).
Codec
Codec berfungsi mengubah kode suara dari analog ke dalam kode digital. Codec sendiri merupakan singkatan dari compressor-decompressor. Dikembangkan untuk memampatkan suara, agar dapat menghemat penggunaan bandwidth, tanpa mengorbankan kualitas suara.
Ada berbagai jenis codec, yang telah dibangun saat ini, yaitu GIPS, GSM, iLBC, ITU G.711, ITU G.722, ITU G.723.1, ITU G.726, ITU G.728, ITU G.729, Speex, LPC10, dan DoD CELP. Di Indonesia sendiri, codec yang umum digunakan adalah GSM dan iLBC. Hal ini karena, kualitasnya yang cukup baik, open source, dan tidak menuntut adanya lisensi.
Kendala Implementasi VoIP
Kendala implementasi VoIP, tidak terlepas dari pengamanan serta reliabilitas penggunaan jaringan internet. Hal ini dikarenakan, jaringan tersebut merupakan komponen penting VoIP, agar pengguna dapat saling berkomunikasi. Oleh karena itu, jika jaringan ini mengalami masalah, maka kinerja VoIP pun juga akan bermasalah, sedangkan kondisi yang ada saat ini, belum ada satu pun pihak, yang mampu menjamin keamanan serta reliabilitas jaringan internet, dari serangan hacker .
Untuk menanggulangi masalah di atas, maka Adi Kurniawan Y. (2009), seorang profesional IT, menawarkan beberapa solusi untuk mengamankan jaringan VoIP, yakni dengan membangun jaringan VPN, melakukan setting Firewall, atau dengan menggunakan segmentasi VLAN. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, maka penulis akan mencoba menggabungkan metode-metode tersebut, untuk dilakukan uji coba dan analisis. Penggabungan tersebut, diharapkan dapat memberikan hasil dan informasi yang lebih baik, terkait metode pengamanan VoIP.
MPLS-VPN
MPLS-VPN adalah metode gabungan dari metode pengamanan itu sendiri (VPN) dengan teknologi penunjangnya (MPLS). VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yang dapat mengamankan jaringan VoIP, dengan melakukan route lalu lintas data dan suara ke dalam jaringan privat. Metode ini memanfaatkan Multi Protocol Label Switching (MPLS), sebagai teknologi penunjang Quality of Service (QoS). Dengan bantuan teknologi ini, jaringan IP menjadi reliable untuk mengirim data bersifat real time.
Dalam implementasinya, metode MPLS-VPN dapat menghemat biaya pengelolaan. Pasalnya, metode dijalankan secara virtual, sehingga dapat meminimalkan penambahan jalur fisik pada private network. Dengan menggunakan pengaturan virtual itulah, yang membuat lalu lintas jaringan internet, menjadi aman, yakni mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dalam menjaga kerahasiaan, kendali akses, autentikasi, integritas, dan non-repudiation.
Meskipun metode ini terkenal tangguh, namun kenyataannya, kemungkinan penyadapan masih dapat terjadi, dengan memasang radio shack misalnya. Dengan perangkat tersebut, attacker dengan mudah dapat menyadap VoIP Call, dan melakukan decode terhadap jaringan yang telah dilakukan enkripsi dengan metode tersebut .
Segmentasi VLAN
Segmentasi VLAN (Virtual Local Area Network) adalah metode pengamanan jaringan, yang digunakan untuk melindungi akses jaringan, dari kendali pihak luar. Metode ini membiarkan komunikasi antar port terhubung, asalkan port berada dalam satu segmen yang sama. Kemudian untuk port yang berada di luar segmen, mereka akan ditangani oleh VLAN yang berbeda. Model jaringan yang digunakan dalam segmentasi VLAN, merupakan perkembangan dari model jaringan LAN (Local Area Network). Perbedaannya, LAN sangat bergantung pada area fisik workstation, sedangkan VLAN, ia berjalan pada lapisan logic, sehingga masing-masing user/workstation dapat saling terhubung meskipun mereka terpisah secara fisik. Dengan menggunakan metode ini, manajemen VLAN dapat dilakukan secara terpusat, sehingga hal ini dapat memudahkan administrator dalam melakukan konfigurasi dan kontrol jaringan.
Metode VLAN tidak hanya digunakan untuk memisahkan lalu lintas data dan suara, akan tetapi juga digunakan untuk memisahkan MAC address, IP address, tipe protokol, dan aplikasi. Pemisahan lalu lintas data dan suara itulah, teknik yang akan penulis gunakan, dalam pengerjaan tugas akhir ini. Pemisahan dilakukan dengan membagi fungsi port switch, dengan tujuan untuk melindungi data network dari berbagai serangan lalu lintas jaringan.
Meskipun dari segi keamanan, VLAN lebih baik daripada LAN, hal ini belum menjamin keamanan jaringan secara keseluruhan. Dalam implementasinya, VLAN memerlukan berbagai tambahan teknik, untuk meningkatkan keamanan jaringan, seperti pengaturan firewall, pembatasan hak akses individu, intrusion detection (upaya untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dalam sebuah sistem atau jaringan), enkripsi jaringan, dll.
Parameter Pengujian VoIP
Dalam melakukan pengujian terkait metode pengamanan VoIP, penulis menggunakan dua tahapan pengujian, yakni pengujian Quality of Service (QoS) dan pengujian keamananan jaringan, yakni
Quality of Service (QoS)
QoS adalah mekanisme jaringan, yang digunakan untuk mengukur kebutuhan aplikasi (VoIP) dalam jaringan yang dibangun. Berikut beberapa parameter yang digunakan untuk mengetahui nilai QoS.
A. Throughput
Throughput digunakan untuk menghitung waktu sebenarnya dari aktivitas download yang berjalan, berbeda dengan bandwidth yang digunakan untuk menghitung waktu yang dibutuhkan, agar memperoleh hasil download terbaik. Oleh karena itu, parameter ini dapat digunakan untuk mengukur kualitas suatu jaringan, sehingga semakin tinggi nilai throughput, maka nilai delay akan semakin rendah, sehingga kualitas jaringan menjadi lebih baik (Anggita dkk, 2012).
B. Packet Loss
Parameter yang digunakan untuk menghitung paket data yang hilang ketika proses transmisi terjadi. Parameter ini, memberikan pengaruh yang besar terhadap IP Telephony, dimana apabila terjadi packet loss dalam jumlah tertentu, akan menyebabkan interkoneksi TCP menjadi melambat.
C. Delay
Delay adalah parameter waktu yang dibutuhkan sebuah paket, dari saat paket tersebut dikirim sampai diterima. Parameter ini penting digunakan untuk menentukan kualitas VoIP. Semakin besar delay, berarti semakin rendah kualitas VoIP yang dihasilkan.
D. Jitter
Jitter adalah parameter yang digunakan, untuk menghitung perbedaan waktu kirim dan sampainya paket data ke tujuan. Parameter ini, merupakan hasil variasi dari delay. Perbedaannya, keterlambatan yang dimiliki delay cenderung konstan, sedangkan keterlambatan jitter, cenderung tidak menentu. Hal ini dikarenakan, kemampuan alat yang berbeda-beda dalam merespon suatu data tiap waktu, sehingga menyebabkan data ketika melintasi jaringan, jarak antar blok informasi, menjadi tidak seragam lagi (Firmansyah, 2008).
Keamanan Jaringan
Komentar
Posting Komentar